Panduan Lengkap Yoast: Salah Satu Tools SEO Terbaik!

Panduan Lengkap Yoast: Salah Satu Tools SEO Terbaik!

Sebagai pelaku usaha bisnis online dan praktisi pengoptimalan website untuk usaha anda, pastinya kalian memahami beberapa aspek dalam meningkatkan penjualan dan pemasaran website kalian, salah satunya dengan ilmu SEO.

Ilmu ini sendiri memiliki beberapa tools yang dapat membantu kita untuk berinteraksi dengan pengoptimalan website, salah satu tools nya adalah Yoast SEO.

Yoast sendiri memiliki beragam kegunaan untuk membantu website kita memiliki kriteria yang baik untuk bersaing di ranking search engine.

Secara garis besar, Yoast sebagai tolak ukur untuk kita membuat sebuah konten di dalam website kita. Segala kriteria yang Yoast anjurkan tentu dapat membantu memenuhi standard dari search engine itu sendiri.

Namun, jika kalian baru mengenal apa itu Yoast dan ingin mengetahui lebih dalam tentangnya, mari ikuti langkah berikut mulai dari download Yoast SEO hingga cara setting yoast.

Cara Menggunakan Tools Yoast SEO dengan Mudah dan Efektif!

Cara Download dan Install Yoast

  • Tampilan WordPress Website => Plugins
seo yoast

Setelah kita masuk kepada halaman wordpress admin, kita dapat menuju ke menu plugins.

  • Plugins => Add New
yoast tools

Setelah berada pada menu plugins kita akan dihadapkan oleh beberapa pilihan, kita akan memilih “Add New”

  • Search for “Yoast SEO”

Setelah berpindah halaman, jika di daftar plugins baru tidak ada Yoast SEO, maka kita perlu mengetiknya di search bar. Setelah menemukannya barulah kita bisa mendownloadnya.

Jika tahap download semua sudah lancar, kalian dapat menemukan yoast pada halaman wordpress admin dibagian bawah kiri.

Cara Setting Wizard Yoast

Jika kalian bertanya-tanya dimana menemukan tempat men-setting wizard Yoast SEO kalian, kalian dapat menemukannya di notifikasi Yoast SEO > General > Dashboard.

Nanti disana akan ada notifikasi yang menjelaskan bahwa website anda belum menyetel wizard yoast. Lalu, akan ada link nantinya untuk kalian menuju kepada setting wizard yoast kalian.

Setelah itu, kalian akan dihadapkan dengan 8(delapan) tahap untuk mendapatkan cara atur plugin Yoast SEO.

Kedelapan tahap tersebut dapat mendefinisikan status website anda saat ini, apakah sudah siap untuk dapat deindex atau masih perlu beberapa penyetelan. 8 Tahap nya sebagai berikut:

  • Step 1: Is your site ready to be indexed?


Pertanyaan pertama ini merujuk kepada kesiapan website anda untuk dapat terjun bersaing di search engine. Jika kalian memilih sudah siap, maka kalian dapat langsung bersaing ranking.

Namun jika kalian belum siap, maka yoast akan membantu website anda untuk tidak di index ke search engine untuk sementara waktu.

  • Step 2: What kind of site do you have?

Pertanyaan kedua ini ditujukan kepada focus website anda mengarah ke tipe website seperti apa. Entah itu blog, online shop bahkan portfolio.

Hal ini berguna agar Yoast SEO dapat menentukan penyetelan dan plugins bawaan lainnya yang dapat disesuaikan dengan tujuan website kalian.Jika kalian memilih blogs, tentu yoast akan membantu kalian untuk mendapatkan berbagai plugins yang cocok dengan website sejenis blogs.

Sebaliknya jika kalian memilih online shop, akan ada beberapa plugins yang membantu anda untuk berinteraksi dan bertransaksi di website anda.

  • Step 3: Is it you or an organization?

Pertanyaan kali ini mendasari terhadap kepemilikan website anda, pencantuman nama kepemilikan pun akan berbeda nantinya. Nantinya data ini dapat membantu website kalian dalam memberikan informasi yang akurat kepada Knowledge Graph yang dimiliki oleh google.

Apa itu Knowledge Graph?

Sebuah sekumpulan data yang menyertakan data-data rincin mengenai suatu website. Contoh mudahnya jika kita mengakses search engine dan mencari dengan keyword “Microsoft”, maka dihasil pencarian akan muncul biodata singkat mengenai Microsoft tersebut.

Sedangkan jika kita mencari personal contohnya Bill Gates, maka yang akan muncul data personal orang tersebut. Tampilan data tersebutlah yang berasal dari Knowledge Graph itu sendiri.

Sehingga pastikan bahwa anda memasukkan informasi yang tepat untuk nantinya dapat Google terima sebagai search engine tempat website kita ranking.

  • Step 4: To show or not show posts and pages

Kali ini pengaturan kita terhadap yang akan ditampilkan dalam website kita di search engine atau istilahnya meng-index halaman website kita.

Pada tahap ini ada 2 pertanyaan yang harus kalian jawab. Hal ini untuk menentukan bagaimana kriteria optimasi kalian yang kalian inginkan. Jika kalian menginginkan pages(halaman) dari website kalian dapat ikut tampak, maka pilih iya dan jika tidak, lakukan sebaliknya.

Jika kalian menginginkan posts(konten) yang kalian miliki untuk langsung ditampilkan/index ke search engine maka pilih iya, dan jika tidak sebaliknya.

Hal ini berguna dalam memastikan jika posts yang kalian miliki telah siap dan kalian inginkan untuk bersaing ranking. Jika belum, yoast akan menahannya untuk tidak di index langsung.

Jika kalian masih bingung dengan page dan post, akan saya jelaskan secara singkat disini. Page merupakan halaman website seperti menu-menu yang berada pada website kalian.

Contoh: halaman “about us”, halaman “home”, halaman “blog”, dan sebagainya. Sedangkan post merupakan konten atau artikel yang kalian miliki.

  • Step 5: How many people are publishing content on your site?

Tahap ini untuk memastikan apakah penulis atau pembuat konten dalam website anda berjumlah satu orang atau lebih. Hal ini Yoast SEO tanyakan agar dapat mengkonfigurasi penyebaran data dalam website anda agar tidak terjadinya duplicate content.

Dengan begitu, informasi didalam website anda dengan dipegang oleh banyak orang tidak akan mengalami suatu masalah karena kurangnya komunikasi yang baik.

  • Step 6: Optimizing your page title

Mengoptimalkan judul dari website anda. Disini secara singkatnya, kalian akan diajukan untuk memasukkan judul terbaik untuk website anda. Disisi lain, hal ini akan membantu terhadap branding website anda dalam tampilan mesin pencari.

  • Step 7: Boost your SEO efforts even more!

Untuk tahap kali ini, merupakan penawaran Yoast SEO terhadap berbagai penawaran menarik yang mereka miliki seperti plugins premium yang akan membantu anda dalam mendapatkan informasi terupdate seputar dunia SEO. Pada tahap kali ini dapat dikategorikan Opsional.

  • Step 8: Become a pro Yoast SEO user

Tahap terakhir, kalian dapat mengikuti pelatihan tutorial plugin Yoast SEO yang ditawarkan kepada kalian. Dengan mengikuti pelatihan terhadap interaksi dengan yoast, kalian dapat memahami dan mengetahuinya lebih jauh lagi.

Nah itulah 8 tahap dalam cara setting plugin yoast yang benar. Namun, jika kalian ingin mempelajari seputar SEO yang lebih jauh dan lebih baik lagi, kalian memiliki pilihan untuk belajar di tempat yang sesuai. Lagipula, setiap orang berilmu akan memiliki tingkat kematangan masing-masing dimana pun mereka berada.

Pengenalan Menu-menu di Yoast

Dalam membahas menu-menu yang ada di Yoast, tentunya sangat beragam. Fitur yang ditawarkan pun sangat banyak dan bermanfaat. Kita dapat berinteraksi di dalam plugins Yoast untuk mengatur sebagian besar kriteria website yang kita punya.

Menu yang ada pada Yoast SEO meliputi:

General

  • Dashboard
menu yoast

Pada menu ini akan ada beberapa tampilan seperti notifikasi dari Yoast kepada website kalian, masalah pada website kalian yang terdeteksi serta status konfigurasi Yoast pada website anda.

  • Features

Pada menu features, kalian akan dihadapkan kepada 9 fitur yang Yoast miliki untuk kalian pilih. Kalian bisa memiliki untuk mengaktifkan fitur yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

Beberapa fiturnya seperti SEO analysis, readability analysis, cornerstone content, text link counter, XML sitemaps, Ryte integration, Admin bar menu, Security, REST API.

  • Webmaster Tools

Menu ini merupakan wadah bagi beberapa tools webmaster yang dapat kalian hubungkan dengan website dan yoast kalian. Seperti webmaster google, bing, baidu, dan lainnya.

Search Appearance

Kalian akan memiliki banyak interaksi dengan menu ini, karena dalam mengatur sebagian besar website kalian berada pada menu ini.

  • General
yoast plugins

Kalian akan mengatur judul utama website, deskripsi halaman utama website, serta title separator pada sub menu ini. Pengaturan yang kalian lakukan dapat mengubah tampilan website anda pada hasil mesin pencari.

  • Content Types

Pada menu ini kalian dapat mengatur posts dan pages yang website kalian miliki. Seperti mengatur index dari keduanya, penampilan judul, deskripsi hingga opsi pemunculan tanggal dari halaman ataupun postingan yang kalian miliki.

  • Media

Dalam media kalian dapat memilih untuk attachment sebuah url yang akan kalian taruh nantinya. Untuk pengaturan satu ini disarankan memilih “yes”.

  • Taxonomies

Pada sub menu ini kalian akan dapat mengatur tampilan categories dan tags pada hasil mesin pencari. Kalian pun dapat memilih untuk tidak menampilkannya di mesin pencari. Intinya, aktifkan jika sesuai dengan kebutuhan anda dalam mengoptimasi website sendiri.

  • Archives

Beberapa halaman archives mulai dari author, date, hingga special page seperti 404 page akan dapat kalian atur disini. Beberapa pilihannya pun tentu harus sesuai dengan kriteria website yang kalian inginkan.

Pastikan bahwa konfigurasi kalian dalam SEO tidak membuat website anda tidak baik di mata mesin pencari.

  • Breadcrumbs

Apakah kalian tau breadcrumbs? Breadcrumbs merupakan riwayat navigasi dari penelusuran anda, dan breadcrumbs ini dapat membantu navigasi anda dalam website untuk kembali ke halaman sebelumnya sesuai pilihan anda.

  • RSS

Menu ini membantu anda mengatur feed dari blog dan post anda. Pengaturan terhadap anchor dari hasil penelusuran di dalam website anda. Identitas posts anda akan tertera sesuai pengaturan dari menu ini.

  • Social

Menu social menampung beragam informasi social media yang website kalian miliki. Nantinya akan lebih mudah untuk website anda dalam menghubungkan dengan social media yang kalian miliki

  • Tools
yoast tools wordpress

Pada menu Yoast satu ini akan ada beberapa tools rekomendasi Yoast yang dapat kalian gunakan sesuai kebutuhan website anda. Tools yang yoast tawarkan pun pastinya sudah memiliki keuntungan untuk kriteria website yang anda miliki

  • Premium

Pada menu premium ini, kalian akan ditawarkan beberapa pelayanan dari Yoast secara berbayar. Yang berarti setelah kalian upgrade plugins kalian ke premium, tentu benefit yang akan kalian dapatkan pun akan jauh lebih banyak.

Cara Penggunaan Yoast di Postingan

Cara menggunakan yoast agar artikel SEO friendly tentu saja mengikuti arahan tools ini terhadap artikel yang sedang kalian buat.

Jika pengaturans sebelumnya telah benar dan sesuai, maka di tiap artikel yang anda akan buat akan muncul rambu-rambu pertanda kualitas artikel yang kalian miliki mulai dari segi pembacaan hingga segi kriteria SEO yang baik dan benar.

Akan ada 3 lambang yang dapat kalian dapatkan, yaitu:

  • Rambu muka sedih berwarna merah

Menandakan nilai artikel yang kalian miliki sangat buruk. Akan ada beberapa peringatan yang muncul nanti nya pada Yoast SEO dan kalian diminta perbaiki beberapa kesalahan tersebut.

  • Rambu muka ekspresi datar berwarna kuning

Menandakan nilai artikel yang kalian miliki masih dalam batas wajar dan tidak melenceng jauh dari standard yang dimiliki Google terhadap sebuah konten yang baik.

  • Rambu muka senyum berwarna hijau

Rambu ini menandakan bahwa konten atau artikel yang kalian miliki cukup memenuhi standard sebuah konten yang baik dan layak untuk dapat di publikasikan.

Ketiga indikator yoast tersebut dapat kalian lihat saat membuat sebuah artikel pada wordpress. Rambu-rambu yang diberikan pun dapat menjadi tolak ukur terhadap kualitas artikel yang kalian akan buat.

Pastikan untuk mengikuti poin-poin yang diberikan yoast agar setidaknya artikel yang kalian miliki tidak terlalu buruk.

Pada halaman membuat artikel, kalian bisa menemukan Yoast SEO pada bagian bawah atau dengan menekan tombol Yoast di pojok kanan atas halaman dengan berlambang Yoast.

Di fitur Yoast SEO tersebut kalian dapat melihat indicator nilai dari artikel yang kalian miliki serta mengatur beberapa hal seperti SEO title, Slug dan meta description.

Cara menggunakan yoast agar artikel seo friendly

  • SEO Title

Merupakan judul dari artikel yang akan tampil di halaman hasil mesin pencari. Judul yang kalian buat harus dipastikan menarik bagi pengunjung, relevan dengan isi konten dan topik, serta menjelaskan dengan baik tujuan konten kalian kepada mesin pencari.

  • Slug

Merupakan sebuah url atau alamat dari artikel yang kalian miliki contohnya:


www.example.com/(slug) = www.example.com/yoast-seo

Slug sendiri berfungsi mendefinisikan topik dari artikel anda dimata mesin pencari, sehingga artikel atau konten yang kalian miliki dapat ranking sesuai dengan topik maupun kata kunci yang tepat.

  • Meta Description

Meta description merupakan deskripsi sebuah artikel pada mesin pencari yang terletaki dibawah SEO Title.

Beberapa keyword/kata kunci yang ada apda meta description dapat membantu mesin pencari untuk mendefinisikan artikel yang kalian miliki memiliki topik utama apa dan bertujuan untuk apa.

Dengan demikian elemen ini berpengaruh terhadap ranking nya artikel kalian. Dari ketiga elemen yang akan muncul pada hasil mesin pencari ini, ketiga nya harus berkesinambungan dan relevan.

Hal ini akan membuat nilai artikel dimata google sangat baik dan sesuai dengan kriteria yang google inginkan. Jika kalian mengikuti panduan dari Yoast SEO serta peraturan Google dengan baik, pasti artikel kalian akan lebih mudah ranking.

Kesimpulan

Itulah panduan lengkap untuk download Yoast SEO hingga penggunaanya terhadap artikel website kita sendiri.

Semoga dengan SEO tools ini kalian dapat terbantu dalam mengembangkan dan mengoptimalkan website yang kalian miliki sehingga dapat ranking pada hasil mesin pencari sesuai target kata kunci kalian.